PERKEMBANGAN GAME DEVELOPMENT

WESTWOOD STUDIO


Mungkin kalian yang lahir di era digital ini tidak mengenal developer game asal Nevada Amerika Serikat yang berdiri tahun 1985 ini. Developer yang bisa kita sebut sebut sebagai ahlinya game Real Time Strategy (RTS) ini pada masa kejayaannya terkenal dengan franchise andalan mereka Command & Conquer (C&C) series. Developer yang dikenal lewat game Real Time Strategy (RTS) ini sebenarnya telah membuat berbagai macam genre seperti adventure dan RPG, namun mereka lebih dikenal lewat game RTS-nya.


westwoodstudios


Pada tahun 1998 Westwood Studios dibeli oleh Electronic Arts (EA) yang kemudian membuat beberapa dari karyawan Westwood Studios meninggalkan developer yang telah membesarkan nama mereka. Mereka keluar karena EA memaksa Westwood untuk segera merilis Command & Conquer: Tiberian Sun, game yang belum selesai pada saat itu.

Image result for WESTWOOD STUDIO ADALAH

Karir Westwood Studios melejit berkat Dune dan C&C series. Game RTS buatan Westwood ini merupakan patokan developer lain untuk membuat game RTS. Hal ini juga dibuktikan dengan berkembangnya game RTS lain yang didasari dari gameplay racikan Westwood Studios, dimana player akan dituntut untuk membangun sebuah markas, mencari resource untuk membuat beberapa tank, pasukan, hingga superweapon seperti nuklir atau pesawat pembom untuk menggempur markas musuh.

Westwood Studios juga tidak berhenti ber-inovasi, salah satunya dengan menggabungkan dua genre yaitu RTS dan FPS menjadi satu di C&C: Renegade yang sekarang telah dibuat ulang oleh fans dengan menggunakan Unreal Engine dan berganti judul menjadi Renegade X. Namun sayang, pada tahun 2003 EA terpaksa menutup studio ini akibat C&C: Renegade yang tidak mencapai ekspektasi.

C&C 2013 (Sebelumnya bernama C&C Generals 2), seri C&C yang dilanjutkan EA. Merupakan seri C&C pertama yang menggunakan Frostbite Engine yang kemudian di cancel oleh EA karena tidak sukses di beta test.

EA kemudian menggarap seri C&C warisan Westwood dengan berbagai eksperimen dan perubahan. Pada awalnya mereka berjalan lancar-lancar saja setelah merilis C&C Generals dan Expansion-nya Zero Hour, namun pada akhirnya tiba saat eksperimen mereka gagal. Eksperimen baru EA tidak menjadikan gameplay C&C series semakin bagus, mereka justru menghancurkan semua yang telah diracik Westwood.

Image result for WESTWOOD STUDIO ADALAH

Saya masih ingat ketika mereka membuat C&C: 4 yang memiliki gameplay yang sangat berbeda dari seri terdahulunya dan terasa aneh ketika dimainkan, C&C Red Alert 3 yang memiliki nilai plus di grafik namun memiliki kekurangan di map yang sangat sempit. Harapan EA untuk membangkitkan kembali seri C&C yang telah di upgrade menggunakan Frostbite Engine, Command & Conquer (yang sebelumnya bernama C&C Generals 2) pun kandas karena konsumen tidak menyukai perubahan yang mereka buat ketika masa beta-nya diluncurkan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

TUGAS AKHIR : SBD 2

GAMEPLAY OVERWATCH

TEKNOLOGI GAME